Bangkitkan Semangat Generasi Muda untuk Mencari Ilmu, Pesantren Sunan Kalijaga Pakuncen  Gelar Wayang Kulit Werkuduro Meguru

WARTAPESANTREN.COM: NGANJUK - Akbar, Juara Nasional Terbaik Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional Tahun 2017 membawakan lakon Werkudoro Meguru untuk meramaikan Pagelaran wayang kulit dihalaman Ponpes Sunan Kalijaga Desa Pakuncen Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Jawa timur, Santu (30/9/2017) malam.

“Kenapa memilih lakon ini karena berkisah tentang generasi muda mencari ilmu serta memperkenalkan budaya wayang yang dulu digunakan sarana dakwa poro walisongo di tanah jawa,disamping itu agar generasi muda mencintai budaya negri indonesia,agar menjadi harapan generasi muda Nahdathul'Ulama (NU) senantiasa bisa demikian,” ujar KH Saifulloh Khomari Pengasuhan Ponpes Sunan Kalijaga itu.

Werkudoro meguru, ujar dalang cilik itu, berkisah tentang perjalan mencari ilmu yang perjalanannya penuh dengan lika-liku dan kegelisahan Wekudoro yang bertemu dengan naga raksasa sempat terjadi pertempuran dahsyat ahirnya dimenangkan werkoduro. 

Werkudoro melanjutkan perjalanan mengarungi samudra luas dan sampai ke tempat yang dituju. Oleh karena itu,tekad dan keinginan mencari jati diri menjadi target utama Werkudoro.

“Namun karena Werkudoro memiliki pegangan yang teguh dan berpijak pada tatanan apik sebagaimana generasi muda sulitnya mencari ilmu tapi kalau ditekad pasti dapat apa yang dicita citakan bisa terwujud,” kata Akbar menjelaskan.

Ratusan jamaah yang hadir dibantu petugas kepolisian mengamankan pertunjukan di Ponpes Sunan Kalijaga di Desa Pakuncen Kecamatan Patianrowo tersebut.(kuswanto)